selamat datang

SELAMAT DATANG DI BLOGG HERNADI

Rabu, 30 November 2011

Silabus fisika berkarakter

SILABUS

Nama sekolah                      : SMK Yapema Gadingrejo
Mata Pelajaran                    : Fisika
Kelas/Semester                   : XI / 1
Kode Kompetensi                                : 7
        Standar Kompetensi  : Menerapkan konsep suhu dan kalor

Kompetensi Dasar


Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
(menit)
Sumber/
Bahan/ Alat
Nilai Karakter
7.1 Menguasai konsep suhu dan kalor
·       Suhu dan Kalor















·      Membedakan konsep suhu dan kalor melalui kegiatan memanaskan benda hingga terjadi perubahan suhu.


·      Membaca literatur tentang macam-macam skala termometer dan mengkomunikasikannya lewat diskusi kelompok.

·      Melakukan percobaan dengan menggunakan kit hidrostatika dan panas untuk menunjukkan peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi
·      Melakukan demonstrasi untuk mengurangi perpindahan kalor misalnya dengan menggunakan selimut dari bahan steroform, dan termos.





















·       Mensyukuri akan manfaat suhu dan kalor dalam kehidupan sehari-hari sebagai anugerah ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa

·       Menghargai setiap pendapat dalam diskusi
·       Tidak memaksakan kehendak

·       Mengajukan pendapat/ ide dengan santun
     
·       Menerima kesepakat-an hasil diskusi
·       Sifat termometrik bahan
diidentifikasi.
·       Macam-macam skala thermometer diidentifikasi

·       Menggunakan alat dan bahan percobaam  seperlunya


·       Menjaga kerapihan dan kebersihan lingkungan

·       Berperanserta secara aktif dalam paksanaan percobaan dan demonstrasi

·       Peristiwa perpindahan kalor cara konduksi, konveksi, radiasai dibandingkan
·       Fakto-faktor yang mempengaruhi pada peristiwa perpindahan kalor diidentifikasi
·       Cara mengurangi perpindahan kalor didemonstrasikan
.

Pengamatan sikap/perilaku afektif


Pengamatan sikap/perilaku afektif,
Catatan anekdot
Ulangan harian.

Pengamatan sikap/perilaku afektif.


Ulangan harian


Pengamatan sikap/perilaku afektif.
Catatan anekdot


Penilaian kinerja  meliputi persiapan,  proses, dan hasil percobaan dan demonstrasi








Buku Pelajaran

LKS konsep suhu dan aklor

internet/ situs-situs yang berkaitan dengan suhu dan kalor

LKS  tentang perpindahan kalor


Kit Hidrostatika dan Panas

Religius



Demokratis,
Disiplin
Kreatif,  Bersahabat/komunikatif



Peduli lingkungan




Peduli lingkungan, Peduli sosial


       
7.2  Menguasai pengaruh kalor terhadap zat





















7.3 Mengukur  suhu dan kalor






·       Pengaruh kalor terhadap zat






























·   Pengukuran suhu dan kalor
·      Melakukan pemanasan es dan mengamati.perubahan apa yang terjadi serta mengukur suhunya


·      Berdiskusi untuk memformulasikan asas black


·      Melakukan pemanasan terhadap benda-benda lain seperti lilin dan beberapa jenis logam lalu
dikomunikasikan hasil pengamatannya

·      Melakukan pengamatan perbedaan kecepatan pemuaian  berbagai jenis logam (kuningan, tembaga, aluminium dan besi) yang dipanaskan

·      Berdiskusi untuk merumuskan koefesien muai benda dan pemuaian, serta menerapkannya dalam perhitungan.


























·     Menggunakan alat ukur suhu untuk mengukur beberapa benda yang berbeda suhunya
·     Mengukur suhu campuran zat cairf yang berbeda suhu awalnya
·     Menggunakan calorimeter untuk menentukan besarnya kalor yang diserap dan dilepas serta menentukan kalor jenis suatu zat





















·       Mensyukuri akan manfaat suhu dan kalor dalam kehidupan sehari-hari sebagai anugerah ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa

·       Menghargai setiap pendapat dalam diskusi
·       Tidak memaksakan kehendak

·       Mengajukan pendapat/ ide dengan santun
     
·       Menerima kesepakat-an hasil diskusi
·       Pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda dijelaskan
·       Asas black diformulasikan secara kuantitatif

·       Menggunakan alat dan bahan percobaam  seperlunya
·       Menjaga kerapihan dan kebersihan lingkungan
·       Berperanserta secara aktif dalam paksanaan percobaan dan demonstrasi
·       Peristiwa perubahan wujud dan karakteristiknya dijelaskan dengan mengemukakan contoh dalam kehidupan sehari-hari
·       Perubahan wujud dianalisis secara kuantitatif
·       Pemuaian panjang, luas, dan volum pada berbagai zat dijelaskan secara kuantitatif

·       Mengajukan pendapat/ ide dengan santun


·        Termometer digunakan untuk mengukur suhu berbagai benda
·        Kalorimeter digunakan   dalam menentukan besarnya kalor yang dilepas atau diterima

·       Menggunakan alat dan bahan percobaam  seperlunya
·       Menjaga kerapihan dan kebersihan lingkungan
Berperanserta secara aktif dalam paksanaan percobaan dan demonstrasi

Pengamatan sikap/perilaku afektif

Pengamatan sikap/perilaku afektif,
Catatan anekdot
Ulangan harian

.Pengamatan sikap/perilaku afektif.


Ulangan harian


Pengamatan sikap/perilaku afektif.
Catatan anekdot






Penilaian kinerja  meliputi persiapan,  proses, dan hasil percobaan dan demonstrasi






Pengamatan sikap/perilaku afektif,
Catatan anekdot
Ulangan harian.

Penilaian kinerja  meliputi persiapan,  proses, dan hasil percobaan dan demonstrasi



























Buku Pelajaran

LKS konsep suhu dan aklor

internet/ situs-situs yang berkaitan dengan suhu dan kalor

LKS  tentang perubahan wujud dan asas black


Kit Hidrostatika dan Panas









Buku Pelajaran

LKS konsep suhu dan aklor

internet/ situs-situs yang berkaitan dengan suhu dan kalor

Religius



Demokratis,
Disiplin
Kreatif,  Bersahabat/komunikatif



Peduli lingkungan





Peduli lingkungan, Peduli sosial



Religius

Demokratis,
Disiplin
Kreatif,  Bersahabat/komunikatif
Peduli lingkungan

7.4 Menghitung kalor
·    Kapasitas kalor dan hukum kekekalan energi
·         Berdiskusi untuk melakukan perhitungan kapasitas kalor, kalor jenis, energi yang terkait dengan pemanasan benda

·         Berdiskusi untuk menggunakan hukum kekekalan energi  (asas black) dalam menghitung kalor jenis dan besaran fisis lainnya
·      Kalor  jenis  dan kapasitas kalor dirumuskan dan diterapkan dalam perhitungan

·      Hukum kekekalan energy digunakan dalam perhitungan kalor

·       Menghargai setiap pendapat dalam diskusi
·       Tidak memaksakan kehendak

·      Mengajukan pendapat/ ide dengan santun
Pengamatan sikap/perilaku afektif,
Catatan anekdot

Tugas kelompok
2 x 45’
Buku Pelajaran
LKS konsep suhu dan aklor
internet/ situs-situs yang berkaitan dengan suhu dan kalor

Demokratis,
Disiplin
Kreatif,  Bersahabat/komunikatif



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                






















Nama sekolah                      : SMK Yapema Gadingrejo
Mata Pelajaran                    : Fisika
Kelas/Semester                   : XI / 1
Kode Kompetensi                                : 8
           Standar Kompetensi  : Menerapkan konsep Fluida

Kompetensi Dasar


Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
(menit)
Sumber/
Bahan/ Alat
Nilai Karakter
8.1 Menguasai hukum fluida statis

·     Hukum fluida statis
·     Membaca literatur dan berdiskusi untuk merumuskan konsep tekanan dan tekanan hidrostatik
·     Berdiskusi untuk merumuskan hukum Pascal
·     Berdiskusi untuk mencari contoh aplikasi hukum Bernoulli
·     Berdiskusi untuk merumuskan hukum Archimedes
·     Membaca literatur dan berdiskusi untuk merumuskan konsep tegangan permukaan
·     Melakukan praktikum dan berdiskusi untuk merumuskan hukum Stokes

·       Menghargai setiap pendapat dalam diskusi
·       Tidak memaksakan kehendak
·       Mengajukan pendapat/ ide dengan santun
·       Menerima kesepakat-an hasil diskusi
·     Konsep tekanan dan tekanan hidrostatis diformulasikan
·     Hukum Pascal diidentifikasi dan diformulasikan dalam bentuk persamaan matematis
·     Hukum Archimedes diidentifikasi dan diformulasikan
·     Konsep tegangan permukaan diidentifikasi
     Hukum Stokes
     diidentifikasi dan
     diformulasikan
·       Menjaga kerapihan dan kebersihan lingkungan
·       Berperanserta secara aktif dalam paksanaan percobaan dan demonstrasi





































.

Pengamatan sikap/perilaku afektif

Pengamatan sikap/perilaku afektif,
Catatan anekdot
Ulangan harian.
Pengamatan sikap/perilaku afektif.
Ulangan harian

Pengamatan sikap/perilaku afektif.
Catatan anekdo

Penilaian kinerja  meliputi persiapan,  proses, dan hasil percobaan dan demonstrasi

2X45’










Buku Pelajaran

LKS
internet
Religius
Demokratis,
Disiplin
Kreatif,  Bersahabat/komunikatif
Peduli lingkungan

Peduli lingkungan, Peduli sosial


8.2 Menguasai hukum fluida dinamis
·     Hukum fluida dinamis
·     Membaca literatur dan berdiskusi untuk merumuskan Persamaan kontinuitas
·     Mengamati demonstrasi dan melakukan percobaan untuk membuktikan hukum Bernoulli
·     Berdiskusi untuk mencari contoh aplikasi hukum Bernoulli

·       Menghargai setiap pendapat dalam diskusi
·       Tidak memaksakan kehendak

·       Mengajukan pendapat/ ide dengan santun
     
·       Menerima kesepakat-an hasil diskusi
·     Persamaan kontinuitas diidentifikasi dan dirumuskan
·     Hukum Bernoulli diidentifikasi dan dirumuskan
     Hukum Bernoulli
      aplikasikan dalam   
      kehidupan sehari-hari
·       Menjaga kerapihan dan kebersihan lingkungan

·       Berperanserta secara aktif dalam paksanaan percobaan dan demonstrasi

·       Mengajukan pendapat/ ide dengan santun

·       Menggunakan alat dan bahan percobaam  seperlunya
·       Menjaga kerapihan dan kebersihan lingkungan

Pengamatan sikap/perilaku afektif

Pengamatan sikap/perilaku afektif,
Catatan anekdot
Ulangan harian.
Pengamatan sikap/perilaku afektif.
Ulangan harian

Pengamatan sikap/perilaku afektif.
Catatan anekdot

Penilaian kinerja  meliputi persiapan,  proses, dan hasil percobaan dan demonstrasi

Pengamatan sikap/perilaku afektif
Pengamatan sikap/perilaku afektif, Catatan anekdot





















Buku Pelajaran
internet/ situs-situs yang berkaitan dengan fluida

LKS  tentang perubahan wujud dan asas black

Religius
Demokratis,
Disiplin
Kreatif,  Bersahabat/komunikatif
Peduli lingkungan
8.3Menghitung fluida statis





 

8.4Menghitung fluida dinamis
·     Penerapan fluida statis















  Penerapan fluida dinamis
·     Menghitung luas penampang dari suatu pompa hidrolik agar dapat mengangkat beban yang berat
·     Menggunakan hukum Archimedes dalam perhitungan sehingga dapat menentukan apakah suatu benda melayang tenggelam atau terapung dalam air
·     Menggunakan hukum Stokes untuk menghitung massa jenis suatu fluida




·       Menghitung kecepatan aliran fluida dalam pipa yang berbeda luas penampangnya
·     Menghitung gaya angkat pesawat terbang dengan menggunakan persamaan Bernoulli


·       Menghargai setiap pendapat dalam diskusi

·       Mengajukan pendapat/ ide dengan santun
     
·     Hukum Pascal diterapkan dalam masalah FISIKA sehari-hari
·     Hukum Archimedes diterapkan dalam masalah FISIKA sehari-hari


·       Tidak memaksakan kehendak

·       Mengajukan pendapat/ ide dengan santun
·       Di siplin dalam mengerjakan tugas
·     Persamaan kontinuitas diterapkan dalam masalah FISIKA sehari-hari
·Hukum Bernoulli diterapkan dalam masalah FISIKA sehari-hari





Pengamatan sikap/perilaku afektif,
Catatan anekdot

Tugas kelompok





Ulangan harian


Pengamatan sikap/perilaku afektif,
Catatan anekdot

Tugas kelompok

Ulangan harian









Buku Pelajaran
internet/ situs-situs yang berkaitan dengan fluida

LKS  tentang perubahan wujud dan asas black


Buku Pelajaran
internet/ situs-situs yang berkaitan dengan fluida

LKS  tentang perubahan wujud dan asas black


Demokratis,
Disiplin
Kreatif,  Bersahabat/komunikatif




Disiplin
Kreatif,  Bersahabat/komunikatif







































Nama sekolah                      : SMK Yapema Gadingrejo
Mata Pelajaran                    : Fisika
Kelas/Semester                   : XI / 1
Kode Kompetensi                                : 9
           Standar Kompetensi  : Menerapkan hukum Termodinamika

Kompetensi Dasar


Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
(menit)
Sumber/
Bahan/ Alat
Nilai Karakter
9. 1   Menguasai hukum termodinamika













9.2Menggunakan hukum Termodinamika dalam perhitungan














·     Hukum-hukum termodinamika




























Penerapan hukum termodinamika
·     Membaca literatur dan berdiskusi untuk mengidentifikasi sifat-sifat gas ideal
·     Membaca literatur dan berdiskusi untuk Menganalisis dan merumuskan hukum Boyle-Gay Lussac
·     Membaca literatur dan berdiskusi untuk Menganalisis dan merumuskan keadaan gas karena perubahan suhu, tekanan dan
·     Berdiskusi dalam kelompok untuk menggambarkan keadaan gas dalam diagram P-V
·     Membaca literatur dan berdiskusi untuk menganalisis dan merumuskan hukum I dan II termodinamika
·     Berdiskusi dalam kelompok untuk menggambarkan siklus Carnot dalam diagram P-V dan merumuskan persamaan matematisnya merumuskan siklus






·                         Berdiskusi dalam kelompok untuk menghitung besaran fisis (volume, tekanan, temperatur) dari gas ideal dengan menggunakan hukum Boyle-Gay Lussac
·         Berdiskusi dalam kelompok untuk menghitung energi dalam dan usaha luar dengan menggunakan hukum I termodinamika
·      Berdiskusi dalam kelompok untuk menghitung Efisiensi mesin Carnot dengan menggunakan data pada diagram P-V
·         Berdiskusi dalam kelompok untuk menghitung Kenaikan entropi sistem dengan menggunakan hukum II termodinamika

·       Menghargai setiap pendapat dalam diskusi
·       Tidak memaksakan kehendak
·       Mengajukan pendapat/ ide dengan santun
·       Menerima kesepakat-an hasil diskusi
·     Konsep gas ideal diidentifikasi sifat-sifatnya
·     Hukum Boyle-Gay Lussac tentang gas ideal dianalisis dan dirumuskan persamaan matematisnya
·     Keadaan gas  karena perubahan suhu, tekanan dan volume dianalisis dan dirumuskan persamaan matematisnya
·     Perubahan keadaan gas digambarkan dalam diagram P-V
·     Hukum I dan II dianalisis dan dirumuskan persamaan matematisnya
       Siklus karnot digambarkan dalam diagram P-V dan dirumuskan persamaan matematisnya
·       Menjaga kerapihan dan kebersihan lingkungan
·       Berperanserta secara aktif dalam paksanaan percobaan dan demonstrasi

·       Menghargai setiap pendapat dalam diskusi
·       Tidak memaksakan kehendak
·       Mengajukan pendapat/ ide dengan santun
·       Menerima kesepakat-an hasil diskusi
·     Besaran fisis (volume, tekanan, temperatur) dari gas ideal ditentukan dengan menggunakan hukum Boyle-Gay Lussac
·     Energi dalam dan usaha luar ditentukan dengan menggunakan hukum I termodinamika
·     Efisiensi mesin Carnot dihitung dari data pada diagram P-V
·        Kenaikan entropi sistem ditentukan dengan menggunakan hukum II termodinamika
·       Menjaga kerapihan dan kebersihan lingkungan
·       Berperanserta secara aktif dalam paksanaan percobaan dan demonstrasi


































.
Pengamatan sikap/perilaku afektif

Pengamatan sikap/perilaku afektif,
Catatan anekdot
Ulangan harian.
Pengamatan sikap/perilaku afektif.
Ulangan harian

Pengamatan sikap/perilaku afektif.
Catatan anekdo

Penilaian kinerja  meliputi persiapan,  proses, dan hasil percobaan dan demonstrasi










Pengamatan sikap/perilaku afektif

Pengamatan sikap/perilaku afektif,
Catatan anekdot
Ulangan harian.
Pengamatan sikap/perilaku afektif.
Ulangan harian

Pengamatan sikap/perilaku afektif.
Catatan anekdo

Penilaian kinerja  meliputi persiapan,  proses, dan hasil percobaan dan demonstrasi

2X45’







 2X45’





2X45’











Buku Pelajaran

LKS  

Internet





















Buku Pelajaran

LKS  

Internet
Religius
Demokratis,
Disiplin
Kreatif,  Bersahabat/komunikatif
Peduli lingkungan

Peduli lingkungan, Peduli sosial





Demokratis,
Disiplin
Kreatif,  Bersahabat/komunikatif
Peduli lingkungan

Peduli lingkungan, Peduli sosial

                                                                                                                                                  

0 komentar:

Posting Komentar

Download

Pages